Investasi Kebaikan


Berawal dari ke-kepoan yang tiba-tiba muncul. Di penghujung lebaran ini gua dapat cerita yang bikin gua merenung parah.

"Mah teh 'Anu' tuh temen Mamah dari dulu?"

Melihat dari dulu teh Anu ini suka berkunjung ke rumah Mamah, ke rumah saudara gua yang lain bahkan tadi ngasih THR. Seolah akrab banget seperti saudara sendiri padahal bukan. Rumahnya juga lumayan di pedalaman yang akses jalannya bergerigi. Kok bisa bela-belaan datang ke rumah Mamah dan saudara gua yang lain cuman untuk bersilaturahmi? pikir anak ansos millenial ini.

Mamah malah ketawa. "Teh anu mah dari dulu sama si Uwa"

Hah? makin bingung gua.

"Maksudnya,"

"Iya, dari kecilnya suka ngasuh anaknya Uwa dan suka bareng sama si Uwa."

"loh, kenapa? emang teh Anu itu temen Uwa?"

Mamah malah ketawa lagi. "Bukan," katanya.

"Si Uwa kan nyekolahin si teh Anu,"

wtf.

WTF. Nyekolahin? Pertanyaan gua setelahnya adalah,

"Emang Uwa punya uang?"

"Punya atuh"

Gua tau banget kondisi keluarga gua, cukup sih. Tapi memang cukup untuk sendiri aja. Buat nyekolahin anak orang? meh, I don't really believe it.

"Si teh Anu mah baik banget, rajin. Mau disuruh nagihin arisan ke temen-temennya Uwa. Dari situ bikin warung terus sukses, kebetulan menikah sama saudara jauh juga."

Gua malah nanya lagi, "Emang Uwa punya uang darimana?"

"Kan suami Uwa dulu kerja atuh"

"Emang cukup buat nyekolahin orang lain?"

"Ah rezeki mah selalu ada"

Gua diam. Yang keluar dari mulut gua malah kurang ajar. "Oh mungkin dulu sekolahan juga murah kali ya" Mamah mengiyakan aja. Gua mencoba mencari justifikasi dari kebaikan besar yang Uwa lakukan. Yang bagi gua.... berat banget.

Pantes, banyak banget orang yang suka berkunjung ke rumah Uwa. Gua ga tau itu siapa, asal salim aja dan pergi.  Padahal orang-orang itu punya cerita yang barangkali sangat menyentuh. Kebaikan yang Uwa kasih bikin orang-orang royal, bikin orang-orang mungkin terbuka hatinya.

Gua pun masuk kamar dan bengong. Tidak memungkiri, uang hampir segalanya buat gua sekarang, kalau dipikirin uang yang gua dapet cuman dihabiskan buat diri gua lagi. Ga mengalir kemana-mana dan hanya habis ditempat.

Tapi Uwa ngasih uang itu buat orang lain, berinvestasi kebaikan ke orang lain dan efeknya kemungkinan besar sampai akhir hayatnya.

Uwa juga jago banget berprasangka baik ke orang lain. Gua udah menyadari ketika kita salah dan ada orang yang masih berprasangka baik otomatis kita akan berhutang budi pada orang itu, karna dia masih menyadari setitik kebaikan di hati kita.

Puasa gua sebulan kemarin kebanyak maksiat, tapi pukulan di hari lebaran ini, semoga ga bakal gua lupa. Semoga bisa gua terapkan di kehidupan gua, untuk investasi kebaikan.

Komentar

Postingan Populer