Ex Machina (2014)




Rate: 9.5/10
Genre: Sci-fi, Suspense, Mystery
Arahan: Alex Garland

Sinopsis :

Caleb memenangkan undian dan diundang ke rumah seorang pendiri dari perusahaan search engine yang ternyata membuat robot AI dan ia ditugaskan sebagai penguji robot tersebut.

Review (+ spoiler):

*tobat nyuri gambar buat review film dari gugel*

Ada satu kutipan komentar di IMDb yang menggambarkan film ini secara singkat
"A great story, with complex yet very relatable characters."

Hei manusia, apa yang ada dipikiran kalian ketika kalian mendengar AI alias Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan?

Kerenkah? excited? atau justru kalian ingin punya teman robot AI bahkan berpikiran bahwa robot lebih baik daripada manusia?

Setelah kalian menonton film ini pikiran kalian yang indah-indah mengenai AI akan sirna. Look I fcking add 'Suspense' on the genres tag. Saya bukan orang pintar, otak saya rata-rata tapi saya berani bilang kalau selera saya dalam film cukup bagus dan saya merekomendasikan film ini.

Ini bukan jenis film yang bakal disukai semua orang, tapi bagi kalian yang suka Sci-fi atau film yang ceritanya cukup baru silakan ditonton. Karna dalam film ini cukup banyak keheningan yang bisa membuat kalian menguap demi membangun suasana tegangnya (ga separah A Ghost Story btw)


Diawal film saja kalian bisa merasakan hawa-hawa tegang yang dibangun perlahan-lahan yang bikin kalian bertanya-tanya "ada apa sih?"

Ga kebayang kalau film robot AI bisa dibangun dengan mencekam dan tegang kan? well mungkin ada, tapi yang saya maksud tegang disini adalah semacam keheningan yang menyimpan banyak rahasia dan misteri yang menganggu. Percakapan antara Caleb dan Nathan seolah seperti saling melempar teka-teki. Semua cast disini bener-bener... keren. Semua pas banget.

Dimulai dari Caleb, yang bahkan menurut saya hawa keberadaannya terkalahkan oleh Nathan padahal dia adalah tokoh utamanya. TAPI ITULAH KERENNYA. Man, si Caleb ini memang pegawai culun canggung yang gampang ditebak tingkah lakunya and Domhnall Gleeson do that!

Nathan yang kelihatan bukan seperti orang jenius (jarang kan orang jenius badannya keker) tapi kalian bisa lihat dari tatapan, percakapan semuanya dilakukan dengan cerdas. Seolah dalam diri Nathan yang diperani Oscar Isaac benar-benar murni terlahir sebagai penemu, pengamat.



CGI nya? jangan ditanya. Film ini memenangi efek visual terbaik Oscar.

Ini sih, film cerdas yang masih dimengerti oleh otak rata-rata manusia. Soalnya habis saya nonton Primer otak saya langsung ngamuk :)

Ya pokoknya film ini, bisa mengubah pola pikir kita dimana.. AI sangat mungkin merupakan hal buruk. Bahkan hal yang pertama kali dilakukan oleh si AI ini adalah membunuh manusia. Yang saya sebelin sih si Caleb ini. Dikira Nathan itu pinter cuman sekedar titel aja hah? hah? dan dia malah melakukan sesuatu yang mengerikan.

Akting? keren
Naskah? bagus
Cerita? fcking awesome
CGI? bahkan Caleb sampai nyilet tangannya :)

Btw Caleb itu disuruh untuk Tes Turing, yaitu menguji si kecerdasan buatan. Kalau dia tidak bisa membedakan si AI ini adalah manusia atau robot maka tes berhasil.





Ex Machina adalah film fiksi ilmiah independen Britania Raya.

Komentar

Postingan Populer