Prometheus (2012)


Rate: 8.5/10
Genre: Petualangan, Misteri, Sci-fi
Arahan: Ridley Scoot
Tonton sambil makan: Lulus


Sinopsis:

Pasangan suami istri arkeolog menemukan bukti awal mula manusia dalam suatu gambar kuno di dinding gua. Ada makhluk besar di sana yang menunjuk pada satu rasi bintang. Perjalanan mereka dimulai, bersama dengan para ahli, menemukan si pencipta mereka. Tapi bukan jawaban yang didapat, melainkan tragedi.

Review:

Review Kecil



Suami Istri arkeolog menemukan gua berisi gambar dengan seorang raksasa yang menunjuk ke suatu rasi dan mereka yakin kalau makhluk besar itu adalah si pencipta, dan titik di rasi itu adalah sebuah 'undangan'.

Untungnya mereka tidak mencari sendiri. Bersama dengan para ahli lainnya petualangan dimulai, memakai pesawat luar angkasa super canggih. Kok bisa?

Karena perjalanan mereka dibiayai oleh kakek kaya raya yang ingin memberikan jiwa pada robot humanoid yang seperti anaknya sendiri. Setelah sampai di sana, mereka menemukan bentuk kehidupan yang sayangnya seperti sudah ditinggalkan.

Kenapa? tidak ada yang bisa menjawab. Tonton sendiri :)

Sinematografi indah, apalagi bagian awalnya cakep sangat. Kalian bakal disambut oleh alien botak macem terbuat dari semen putih dan kekarnya... wow. Ceritanya lumayan, debelopmentnya lumayan, castnya bagus dong, aktingnya cucok. Cuman saya pribadi kurang cocok aja sama karakter si istri arkeolog, gatau kenapa.

Mungkin karena belum nonton Alien pertama kali ya ((Saya Gen Z)) nanti lah, coba-coba nonton. Kalau udah, reviewnya bakal di update.

Review Besar




Untuk tujuan apa kita diciptakan? Dan siapa sang pencipta ini?

Pertanyaan itu bisa membuat gila kalau dipikirkan terlalu ambisius, bahkan banyak deh kayaknya filsuf-filsuf yang gila juga karena itu. Ridley, dengan Prometheus-nya berani membuat premis seperti ini;

Bagaimana kalau pencipta kita adalah makhluk botak, seputih semen putih, tinggi dan berotot? Yang lebih parah, gimana kalau mereka menciptakan kita... hanya karena 'pengin aja'? Lantas kemudian malah berniat untuk menghancurkan kita?

Loh, kenapa? Sudah susah payah diciptakan lewat pengorbanan salah satu kawan mereka, tapi malah mau dihancurkan?

Semua jawabannya diberitahu oleh Ridley secara tersirat, lewat omongan si robot dan  si suami.

Kenapa menciptakan? jawabannya, karena mereka mampu. Jadi kenapa tidak.
Kenapa menghancurkan? Tidak perlu alasan khusus untuk menghancurkan ciptaan mereka.

Sama seperti menyindir manusia juga. Si robot bertanya, kenapa manusia menciptakan dirinya, si manusia menjawab, karena dia bisa, karena dia mampu dan untuk memberi bukti kalau dia cukup pintar dan mampu untuk menciptakan makhluk hidup yang lain.

Mungkin banyak juga yang habis nonton ini mikir, apa menciptakan makhluk, memberinya hati, rasa, kehidupan, kematian sebercanda itu? sebatas karena 'Dia' mampu? dan memusnahkan ciptaannya karena mampu pula?

Komentar

Postingan Populer